Lompat ke konten

Tips Mencegah Makanan Agar Nasi Box Tidak Cepat Basi

Mengetahui cara menyimpan nasi kotak atau makanan catering dengan baik memungkinkannya bertahan lama selain menjauhkan Anda dari pemborosan uang untuk keperluan makan. Dengan ini, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah mencegah kuman masuk yang mengakibatkan nasi kotak cepat basi.

Proses penyimpanan makanan sangat memegang peranan penting dalam memastikan konsumsi makanan bergizi. Bahkan, tips ini membantu Anda terhindar dari risiko keracunan makanan. Untuk menghindari hal demikian, lebih baik perhatikan tips berikut ini,

1. Gunakan wadah kedap udara untuk penyimpanan makanan yang lebih aman. Namun, jangan segera ditutup bila makanan tersebut masih dalam keadaan panas.

2. Jangan menyimpan makanan di luar ruangan dalam waktu lama.

3. Selalu menjaga area penyimpanan makanan. Usahakan tempat menyimpan makanan dalam keadaan bersih dan berada di udara kering sehingga kuman maupun bakteri tidak mudah berkembang biak.

4. Pilih tempat penyimpanan makanan yang baik terutama pada variasi suhu yang berkembang.

5. Untuk menyimpan makanan, sebaiknya pilih kualitas tempat penyimpanan yang baik, seperti bahan alumunium, plastik, atau kertas. Tempat lainnya juga bisa berbahan botol maupun gelas plastik untuk menyimpan makanan matang maupun mentah.

6. Jika kemasan sudah dibuka, terutama mengandung bahan gula seperti buah-buahan kering dan kacang-kacangan, sebaiknya simpan di dalam wadah kedap udara untuk melindunginya dari kotoran.

7. Jauhkan makanan mentah dari makanan yang sudah dimasak.

8. Simpan selalu makanan mentah di bagian bawah kulkas.

9. Jangan menyimpan makanan dalam nasi box di dekat produk yang mengandung bahan kimia, seperti sabun dan deterjen.

10. Beberapa makanan jika dibuka perlu diperhatikan cara untuk membungkusnya kembali, apalagi disimpan di dalam kulkas.

11. Lebih baik ntuk menyimpan makanan sisa yang dimasak dengan hati-hati sehingga aman untuk dimakan kemudian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *