Lompat ke konten

Mengenal Lebih Jauh Trend Nasi Keroyokan

Nasi Keroyokan merupakan suatu tradisi yang sedang trend di jaman sekarang, dari istilah nasi keroyokan itu sendiri adalah memakan nasi dengan lauk pauk yang ditempatkan dalam sebuat nampah atau tempat daun pisang dan dimakan secara berebutan atau bersama-sama. Nasi keroyokan itu sendiri berbentuk semacam nasi liwet atau nasi gurih yang di tempatkan pada suatu nampah daun pisang kemudian disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, urap-urap, mie goreng, tahu tempe, sambal goreng ati dan lauk pauk lainnya. Kemudian makanan tersebut dikelilingi oleh berberapa orang yang siap untuk menyantapnya.

Dulu, tata cara makan seperti ini hanya bisa kita temukan ketika kita sedang berada di desa ataupun pedalaman, ya tentu saja dengan menyajikan nasi liwet atau nasi gurih dengan lauk pauk yang sederhana dan dimakan secara bersama-sama dalam suatu wadah yang sederhana juga yaitu daun pisang. Siapa sangka cara makan seperti ini pada akhirnya menjadi trend karena dianggap banyak memupuk semangat kebersamaan.

Nasi keroyokan itu sendiri saat ini sudah menjadi trend, khususnya di wilayah Jawa Timur, banyak dari pelaku bisnis restoran, hotel atau jasa catering yang membuat paketan khusus dari nasi keroyokan ini. Nasi keroyokan biasanya dijadikan konsumsi ketika hajatan atau acara lain seperti menu buka puasa, arisan, peringatan tahun baru atau konsumsi acara 17-agustusan. Banyaknya orang memilih konsumsi nasi keroyokan saat ini dikarenakan lebih menyatukan semangat kebersamaan.

​Beberapa pendapat lain memilih nasi keroyokan sebagai konsumsi acaranya dikarenakan nasi keroyokan bisa memudarkan status strata sosial dalam masyarakat, hal ini berkaitan dengan cara memakan nasi keroyokan antara satu dengan lainnya dinilai sama, yaitu dengan duduk beralaskan tikar/lantai kemudian memakan nasi tersebut dengan tangan dalam wadah yang sama, hal ini tentunya tidak akan membedakan dari golongan manakah mereka.

Nasi keroyokan juga diangap sebagai salah satu menu berbuka puasa yang tepat, karena selain menumbuhkan rasa kebersamaan ketika berbuka puasa bersama teman-teman, nasi keroyokan ternyata juga dianggap cukup mengenyangkan. Bagaimana tidak, cara memakan nasi keroyokan ini dengan cara mengambil nasi dan lauk pauk sesuka kalian tentunya selama makanan tersebut masih ada.

Nasi keroyokan biasanya dimakan di suatu tempat, bisa dimakan di rumah pribadi, di hotel sampai dengan di jalan-jalan sekalipun, banyak juga yang menganggap nasi keroyokan sebagai pembangkit semangat kesederhanaan, karena tidak memandang dimana mereka makan nasi keroyokan tersebut tata cara yang mereka lakukan untuk memakan nasi keroyokan tetaplah sama yaitu dengan cara bersama-sama tanpa pandang mereka itu berasal.

Tidak heran karena beberapa hal diatas banyak restoran, rumah makan atau penyedia jasa catering yang menyediakan paketan khusus nasi keroyokan ini, dan banyak juga dari beberapa golongan yang mencari penyedia jasa nasi keroyokan ini. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengenal ‘apa itu nasi keroyokan’ dan manfaat yang bisa ditimbulkan dari nasi keroyokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *