Lompat ke konten

Memperhatikan Kemasan dalam Nasi Kotak

Kemasan dulu dipandang tidak lebih dari kebutuhan, lapisan untuk melindungi produk di dalam dan untuk mengangkutnya dari A ke B. Produsen tidak terlalu memperhatikan branding hanya karena tidak ada harapan dari pelanggan. Untungnya, seperti yang pernah dikatakan oleh seorang pria hebat, waktu mereka berubah dan, jika digunakan dengan baik, kemasan produk dapat memainkan peran penting dalam proses penjualan. Pengemasan produk memainkan peran penting dalam pengembangan perusahaan dan strategi pemasarannya. Berkat peluang baru yang muncul di industri ini, sebuah kotak kardus sederhana telah menjadi saluran komunikasi dan salesman yang sunyi ketika merek-merek ingin melibatkan dan menghibur pelanggan.

Seberapa fungsional kemasan produk itu sangat penting. Fungsi utama pengemasan adalah untuk mencegah kerusakan saat mengangkut produk dari produsen ke toko dan kemudian dari toko ke rumah seseorang. Pengemasan produk makanan, misalnya, juga merupakan sistem pengantarannya – barang tersebut harus dikemas cukup kuat agar selamat dari transit dan kemudian disimpan di rumah seseorang, baik di rak atau di lemari es. Memilih kertas, plastik, aluminium, atau bahan lain sangat penting, karena memasarkan produk dengan baik berarti produk itu juga harus terlihat hebat.

Anda benar-benar tidak bisa mengecilkan pentingnya pengemasan dalam pemasaran. Ini adalah perkawinan bentuk dan fungsi yang disajikan dalam paket cantik yang dirancang untuk memikat pelanggan untuk membeli produk dan kemudian terus membelinya. Bagian dari ini adalah Anda ingin pelanggan tidak hanya membeli tetapi juga merekomendasikan produk kepada teman dan keluarga mereka. Pertimbangkan dengan cermat setiap aspek pemasaran produk sehingga menghasilkan dampak yang paling menguntungkan.

Produk-produk kuliner lainnya seperti catering di Surabaya tentu sudah seharusnya mengedepankan kemasan agar konsumen mampu mengenali dengan baik prodoknya. Pengemasan pada nasi kotak misalnya, konsumen dapat memilih beragam jenis, warna dan bentuk untuk kemasannya. Hal tersebut merupakan salah satu hak yang memang harus diberikan oleh penjual kepada konsumen. Akan tetapi untuk mengenalkan produk secara meluas kepada konsumen lainnya, pelaku jasa catering dapat membuat label dengan bentuk minimalis pada kemasan, sehingga banyak konsumen akan mengetahui bahwa pemesanan dilakukan melalui jasa catering tersebut. 

Pengemasan nasi kotak sendiri juga dapat beragam bentuknya mulai dari kotak dengan warna kardus putih yang umum ditemui. Namun, saat ini sudah banyak bentuk kemasan nasi kotak yang berubah secara dinamis, artinya banyak pelaku usaha catering yang berinovasi dengan kreatif mengenai warna dari kemasan tersebut. Misalnya saja banyak ditemui nasi kotak Surabaya dengan kebutuhan acara pernikahan dengan menggunakan kemasan berwarna putih yang memiliki makna suci dan bersih yang mana merupakan makna dari sebuah pernikahan. Ada pula nasi kotak dengan kemasan berwarna merah yang biasanya digunakan untuk acara ulang tahun dan lain sebagainya yang dapat dimaknai dengan arti suka cita. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *