Lompat ke konten

Macam-macam Gubug untuk Pelengkap Prasmanan

Setiap hidangan prasmanan pasti tidaklah lepas dari menu atau makanan gubugan (foodstall), terutama prasmanan untuk pernikahan. Catering prasmanan untuk pernikahan tentunya banyak sekali menu pelengkap gubug-an yang disajikan untuk pelengkap menu prasmanan tersebut, salah satunya adalah gubugan, dan untuk menu gubug itu sendiri disajikan berupa makanan-makanan berat atau ringan yang dijaga dan dilayani oleh pramusaji. Bentuk gubug dalam prasmanan biasanya kita kenal dalam menu joglo adalah berupa rumah-rumahan bambu atau bisa berupa rangkaian besi yang membentuk atap.

Bentuk menu joglo atau gubug dalam prasmanan terbagi menjadi dua jenis, kita akan coba uraikan di bawah ini:

  • Gubug Modern – Istilah Joglo/Gubug modern bisa kita jumpai ketikan di acara pernikahan yang bertema modern atau nasional, menu gubug dalam dalam kategori ini adalah makanan-makanan yang modern, seperti zuppa soup, kebab, dimsum dan sebagainya. Dalam gubug/joglo modern juga terlihat dalam bentuk gubug itu sendiri, biasanya gubug modern dibuat dari berbahan besi dan di hiasi oleh bunga-bunga atau semacamnya.
  • Gubug Tradisional – Istilah Joglo/Gubug tradisional ini biasanya menyesuaikan tema pernikahan yang bertema tradisional atau kental dengan adat dari masing-masing daerah. Menu dari gubug tradisional ini juga mengikuti dari makanan khas dari daerah tersebut. Sebagai contoh gubug tradisional khas Jawa Timur adalah rawon, tahu campur, kemudian jika dari Jawa Tengah adalah makanan gudeg. Untuk jenis gubug ini bisa di ciri kan dengan gubug atau joglo yang berbahan dasar bambu atau berbentuk rumah-rumahan dari bambu

Itulah beberapa jenis gubug yang biasanya kita temui dalam acara pernikahan, untuk penyesuaian menu gubug yang akan kalian pilih bisa menyesuaikan dari kebutuhan yang sesuai dengan tema catering pernikahan kalian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *