Lompat ke konten

Bisnis Catering Pernikahan

Bisnis catering bisa dibilang bisnis yang tidak akan pernah mati dan akan selalu memiliki pasar yang luas. Pebisnis catering skala besar membidik semua pasar bisnis catering, mulai dari catering kantoran, catering nasi kotak untuk berbagai acara seperti syukuran, pengajian hingga keperluan pesta. Adapun pebisnis catering skala kecil dan sedang biasanya memilih untuk berkonsentrasi pada segmen tertentu, misalnya melayani catering pernikahan.

Membidik segmen catering pernikahan saja sudah sangat menjanjikan jika dikelola dengan serius dan maksimal pasalnya dalam acara pernikahan biasanya membutuhkan layanan catering dalam jumlah besar. Nah sekarang kita akan membahas apa saja yang harus dilakukan dalam memulai bisnis catering pernikahan ini.

Jika anda ingin terjun ke bisnis wedding catering, langkah pertama ang harus anda lakukan adalah melakukan banyak survei. Berikut ini merupakan beberapa komponen dalam bisnis catering pernikahan yang harus disurvei :

  • Survei lokasi-lokasi pembelian bahan baku makanan yang berkualitas, namun harga bersaing
  • Survei lokasi memasak makanan dalam jumlah besar . hal ini dilakukan jika rumah anda dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas memasak dalam jumlah yang besar.
  • Survei menu-menu masakan yang dihidangkan dan disukai dalam pesta pernikahan, meliputi hidangan pembuka, hidangan utama sampai hidangan penutup.
  • Survei lokasi pembelian peralatan catering, jika tidak memungkinkan untuk membelinya maka carilah lokasi persewaannya.

Jika semua survei sudah dilakukan, maka tahapan selanjutnya adalah mencari karyawan. Untuk pertama kali memulai bisnis ini kiranya anda perlu memilih sedikitnya empat karyawan untuk memasak dan tiga orang asisten.Pemilihan karyawan ini sangat menentukan jalannya bisnis catering pernikahan anda. Anda perlu memilih karyawan yang memiliki kemampuan memasak dalam menu yang sudah anda tentukan. Selain memiliki kemampuan memasak, pastikan karyawan yang anda pilih mampu menghasilkan masakan yang enak dan mampu menjaga kebersihan. Dua hal ini nantinya akan menjadi kunci keberhasilan catering pernikahan anda.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan promosi usaha anda. Karena bisnis yang anda mulai ini masih tergolong bisnis baru, maka langkah awal lakukanlah promosi ke orang-orang terdekat, seperti sahabat atau saudara anda sendiri. Karena ketika katering anda nanti mulai di presentasikan di acara sahabat atau saudara anda, disitulah maka bisa anda mulai memperkenalkan bisnis anda kepada orang lainnya. Jika masakan anda dipuji dan anda dapat melayani dengan baik maka secara otomatis bisnis anda akan dipromosikan dari mulut ke mulut, dan hal ini merupakan langkah efektif dalam memulai bisnis anda.

Sementara itu, untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas, anda bisa melakukan promosi dengan memasang iklan, membagikan brosur di acara pameran pernikahan, membuat website atau menjalin kerjasama dengan wedding organizer.

Kiranya itulah beberapa tips dalam memulai bisnis catering pernikahan. Kunci dalam bisnis ini adalah fokus, dan berusaha memberikan layanan sebaik mungkin. Tidak lupa juga untuk sering melakukan inovasi-inovasi baik dari segi menu masakan ataupun pelayanannya. Dengan cara tersebutlah bisnis catering anda akan lebih berkembang pesat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *