Lompat ke konten

Berkah Catering : Ekspansi Bisnis di Jabodetabek

Jakarta merupakan Ibukota Indonesia yang merupakan pusat perekonomian di tanah air, oleh karena tidak heran banyak orang dan pelaku usaha yang berbondong-bondong ber-migrasi ke Kota Jakarta. Walaupun sudah terkenal dengan kemacetannya tidak membuat Ibukota sepi didatangi, dan jika kita lebih jeli perhatikan akan selalu terlihat aktivitas dan tidak pernah sepi di setiap waktunya baik itu pagi, siang ataupun malam. Tak ayalnya juga para pencari kerja, yang rela meninggalkan kampung halamannya untuk migrasi ke Ibukota.

Bagi pelaku usaha, jelaslah hal tersebut merupakan suatu peluang besar, karena tidak dapat dipungkiri trafic bisnis di Jakarta sangatlah padat dengan jumlah penduduk yang besar. Maka tidaklah heran jika pelaku usaha di luar Kota Jakarta menjadikan Ibukota sebagai target pengembangan bisnisnya. Inilah beberapa alasan mengapa pelaku usaha diluar daerah dianjurkan mengembangakan bisnisnya di Ibukota Jakarta.

  1. Jumlah Penduduk yang besar dibandingkan kota-kota lain – Hal ini tentunya sangat mempengaruhi market dari bisnis itu sendiri, semakin besar jumlah penduduk maka akan semakin besar potensi pasar yang bisa di dapatkan oleh para pelaku bisnis.
  2. Pembangunan Infrastruktur yang Lengkap – Boleh dibilang pembangunan infrastruktur di Kota Jakarta lebih lengkap jika dibanding Kota lainnya, hal ini tentunya akan berkaitan dengan jalur distribusi dan produksi dari pelaku usaha.
  3. Semua barang ada di Kota Jakarta – Tidak heran jika di Ibukota Jakarta maka kalian akan sangat mudah untuk menemukan barang atau bahan baku yang bisa kalian cari, tentunya hal ini berkaitan dengan produksi barang dan jasa yang dihasilkan pelaku usaha
  4. Sarana dan pra-sarana yang lengkap – Walaupun dikenal dengan kemacetannya, para pelaku usaha tidak perlu khawatir, karena pemerintah saat ini tengah berusaha keras untuk mengatasi permasalahan tersebut, terbukti banyak jasa trasnportasi yang tersedia di Ibukota mulai dari Transjakarta, KRL hingga yang terbaru saat ini MRT dan LRT yang sudah hampir rampung sebentar lagi
  5. Semua kebutuhan dari luar daerah ada di Ibukota – hal ini tentunya dikarenakan banyak pelaku usaha dari daerah lain yang mencoba peruntungannya di Ibukota dengan menjajakan produk atau jasa khas dari daerahnya masing-masing, sehingga kita sangat mudah menemukan kebutuhan dari daerah lain yang di perjual-belikan di Ibukota.

Itulah beberapa alasan mengapa dirasa perlu untuk pelaku usaha mengembangkan usahanya di Ibukota. Selain itu ternyata Jakarta memiliki kesinambungan terhadap Kota-Kota terdekatnya, seperti Depok, Bogor, Bekasi dan Tanggerang. Hal ini terbukti dengan penghubungan infrastruktur dari Kota-Kota tersebut ke pusat Kota Jakarta berupa Jalan tol, dan MRT, maka dengan jelas jika kita jeli melihat peluang ini selain Kota Jakarta kita bisa merambah ke Kota-Kota lainnya yang berbatasan dengan Ibukota. Akan tetapi kalian tidak boleh lupakan, persaingan bisnis pun pastinya ketat di Kota ini, karena pasti semua berlomba-lomba untuk bisa eksis di Ibukota dan sekitarnya.

Melihat Potensi Bisnis Catering di Jakarta – Bogor dan Depok

Bisnis catering dapat dikatakan sebagai bisnis kuliner yang tidak akan pernah mati termakan zaman, karena tentu saja hal ini berlandaskan semua orang membutuhkan makan, dan bisnis catering merupakan bisnis yang dikerjakan atau diproduksi setelah kita mendapatkan pesanan alias tidak harus ready stok tentunya yang beresiko menimbulkan kerugian akibat makanan yang tidak termakan atau dari sisi faktor kadaluarsa dan lainnya.

Sebagai contoh adalah bisnis catering pernikahan, bisnis ini bisa dibilang akan hidup terus jika kita pelaku usaha bisa memaintain nya dengan baik, karena secara logika jika dilihat dari pertumbuhan penduduk, setiap tahunnya pasti akan selalu ada pasangan yang hendak untuk melangsungkan pernikahannya, jadi dengan kata lain peluang dari bisnis catering pernikahan Jakarta ini akan selalu ada di tiap tahunnya. Begitu juga jika kita ingin melihat potensi bisnis ini di Ibukota Jakarta dan Kota sekitarnya, dengan banyaknya jumlah penduduk di Kota ini maka jelas terlihat akan peluang yang lebih besar jika kita menjalankan bisnis catering pernikahan.

Contoh lainnya adalah catering harian, sebagaimana yang kalian tau pastinya setiap orang membutuhkan konsumsi makanan di tiap harinya, hal ini tentunya tidak akan pernah mati sejauh menu makanan yang disajikan masih diterima di kalangan masyarakat. Melihat potensi catering harian yang di Jakarta dan sekitarnya sangatlah tinggi, karena disamping jumlah penduduk yang banyak sehingga kalian bisa mendapatkan merket yang besar, aktivitas masyarakat di Kota Jakarta dan sekitarnya juga sangatlah padat, sehingga membuat mereka memungkinkan melupakan jadwal makan mereka, disinilah potensi bisnis catering harian bisa kita tawarkan, dengan kepraktisannya membuat mereka tidak perlu khawatir lagi mikir sekarang mau makan apa atau bahkan sampai tidak makan sesuai dengan jadwalnya.

​Kemudian untuk jenis catering event, sangat besar potensi bisnis catering event yang ada di Jakarta , seperti catering nasi box Jakarta , catering tumpeng hingga catering prasmanan Jakarta untuk berbagai event. Hal ini dikarenakan di Kota Jakarta banyak terdapat perusahaan-perusahaan, rumah sakit dan sekolah yang bisa menjadi sasaran untuk kita mengajukan proposal kesana. Bisnis catering event juga bisa merambah ke pemerintahan kota DKI Jakarta, Depok, Bogor dan sekitarnya. 

Dengan melihat beberapa pertimbangan point diatas maka bisa disimpulkan sangatlah besar peluang bisnis catering di Jakarta dan sekitarnya, tapi yang perlu kalian ingat, persaingan bisnis catering di kota ini juga sangatlah ketat, melihat banyaknya pelaku bisnis catering di Kota Jakarta dan sekitarnya jika kita melakukan penelusuran dari mesin pencari google dengan kata kunci “catering jakarta”, “catering pernikahan jakarta” dan “catering harian jakarta”. Dengan banyaknya kompetitor ini menjadi suatu tantangan baru agar kita bisa lebih menunjukan kelebihan utama dari bisnis catering kita jika dibandingkan dengan jasa catering lainnya di Kota Jakarta dan sekitarnya

Ekspansi Bisnis Berkah Catering Jakarta – PT. Berkah Catering Nusantara

Hal inilah juga yang dilihat oleh pelaku bisnis catering di Surabaya yakni PT. Berkah Catering Nusantara (Berkah Catering). Berkah catering merupakan jasa catering murah di Surabaya yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai event mulai dari acara kecil hingga acara besar seperti pernikahan. Hal tersebut bisa di lihat di portofolio berkah catering atau official instagram berkah catering di @berkahcatering . Berkah Catering sudah menjajaki bisnis catering dari tahun 2015 dengan dimulai dari bisnis catering kotakan dan memperluas layanannya hingga bisnis catering pernikahan.

Berkah catering di kelola oleh management PT. Berkah Catering Nusantara yang peranannya dalam perizinan jelas di usaha Jasa Boga (Catering), memiliki kantor pusat di Surabaya tepatnya di Royal Plaza Surabaya dan Kantor Cabang di Sidoarjo di Ruko Pondok Mutiara Sidoarjo. Pada akhir 2017, PT. Berkah Catering Nusantara lebih mengembangkan sayapnya dengan melakukan ekspansi area layanannya ke beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Gresik, Mojokerto, Bangkalan hingga Madura. Bahkan tidak jarang juga melayani area Jawa Timur lainnya seperti catering Malang, Jombang hingga Nganjuk.

PT. Berkah Catering Nusantara terus mengembangkan strategi ekspansi bisnis nya dengan memantapkan posisi kantor cabang di kota lainnya di Jawa Timur pada tahun 2018, sehingga saat ini Berkah Catering telah memiliki beberapa kantor cabang pemasaran di Kota Malang, Gresik dan Mojokerto. Pengembangan area layanan dirasa sangat diperlukan mengingat antusias masyarakat terhadap catering murah ini. Awal tahun 2019, PT. Berkah Catering Nusantara lebih memantapkan perencanaan target pemasarannya ke Ibukota Jakarta, dengan segmentasi pasar yang dituju adalah Jakarta – Bogor dan Depok. Hal ini pernah dilakukan sebelumnya oleh berkah catering dengan menangani beberapa event di Kota Jakarta, seperti event pernikahan, event kampus hingga kebutuhan catering lainnya.

CEO PT. Berkah Catering Nusantara sangatlah optimis bahwasanya berkah catering akan bisa berkembang dan bersaing di Ibukota Jakarta dan sekitarnya, sehingga pada April 2019, berkah catering lebih memantapkan posisi gudang dan dapurnya yang berada di kawasan Cilodong Depok. “Tempat ini yang nantinya akan menjadi awal perkembangan berkah catering Jakarta” menurut CEO Berkah Catering. Tempat yang berlokasi di kawasan kalimulya Cilodong depok ini berluaskan kurang lebih 150m2 yang nantinya akan dijadikan dapur utama dan gudang untuk Berkah Catering Jakarta, Bogor dan Depok. Tentunya ini bukanlah merupakan satu-satunya dapur yang akan digunakan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *